Tuesday 26 January 2016

Cara Membersihkan Dashboard Mobil

Dashboard mobil merupakan bagian interior yang terletak di depan mobil. Bagian ini menghubungkan antar komponen seperti kenop atau panel. Setiap jenis mobil mempunyai desain dashboard yang berbeda. Setiap saat dashboard mendapat perhatian orang yang masuk di dalam mobil baik dari pengemudi maupun penumpang. Salah satu perhatian yang disoroti yaitu kebersihannya.

Seringkali dashboard mobil terpapar oleh debu, noda, dan kotoran yang berasal dari luar sehingga membuat tampilan dashboard menjadi lebih kusam. Mungkin sebagian pemilik atau pengendara mobil lebih banyak yang terfokus pada kebersihan bodi luar mobil. Padahal kebersihan dashboard mobil juga penting. 

Dalam membersihkan dashboard mobil, anda dapat menggunakan lap kain yang berserat halus (microfiber), sikat gigi berbulu halus, dan kapas pembersih telinga (cotton bud). Adapun caranya sebagai berikut :
  1. Permukaan dashboard dibersihkan dengan menggunakan lap kain berserat halus yang dibasahi percikan air sehingga debu, noda dan kotoran dapat hilang. Jangan lupa untuk membersihkan lekukan dan sudut dashboard yang menempel pada kaca depan mobil. Jika anda mempunyai alat penyedot debu portabel dapat dimanfaatkan untuk mempermudah dalam membersihkan debu pada lekukan dashboard yang sulit dijangkau.
  2. Khusus untuk sela-sela dashboard yang biasanya terdapat kenop atau panel radio, tombol pengatur suhu, dan ventilasi AC, anda dapat menggunakan sikat berbulu halus atau kapas pembersih telinga yang dibasahi air. Dalam proses pembersihannya, anda lakukan dengan lembut sampai debu atau noda yang menempel dapat hilang.
  3. Setelah debu, noda dan kotoran sudah hilang, maka anda dapat gunakan cairan pembersih khusus interior dashboard mobil. Caranya dengan menyemprotkan cairan tersebut ke permukaan dashboard mobil dan kemudian dibersihkan secara lembut dengan menggunakan lap kain berserat halus sampai kering. Dalam pemilihan cairan pembersih dashboard, gunakan yang tidak mengandung bahan silikon karena dapat menyebabkan belang pada warna permukaan dashboard.
  4. Agar dashboard mobil menjadi berkilau kembali dapat anda semprotkan produk pelindung  dashboard. Setelah itu lap kembali menggunakan kain halus kering agar dashboard mengkilap. Produk pelindung dashboard ini akan memberikan lapisan pelindung terhadap noda, kotoran, dan debu.

No comments:

Post a Comment