Tuesday 19 January 2016

Cara Mencuci Bodi Luar Mobil

Anda yang mempunyai mobil berarti anda wajib menemui resiko. Salah satunya yaitu harus menjaga kebersihan bodi luar mobil. Jika tidak dibersihkan, maka bodi luar mobil anda akan terlihat kotor dan kemungkinan kotoran akan sulit dihilangkan. Adanya faktor cuaca dan lingkungan berperan penting dalam meningkatkan kotoran pada bodi luar mobil anda. Pada cuaca hujan, sudah tidak asing lagi lumpur dan tanah menempel pada bodi mobil. Mobil yang kotor tentunya menjadi penyakit setiap mobil. Mobil yang kotor menyebabkan bodi mobil tertutupi oleh debu yang menyelimuti mobil tersebut. Jika anda melakukan perjalanan yang jauh dengan mobil anda dan melewati medan yang berat pasti mobil anda akan sangat kotor.

Mobil adalah suatu benda yang terbuat dari beberapa bahan yaitu plastik, karet, dan besi. Komponen yang paling banyak diantaranya menggunakan bahan cat. Seperti kita tahu cat adalah bahan kimia yang sangat sensitif. Cara mencuci mobil yang benar tentunya diperlukan cara-cara khusus di bodi mobil sehingga pembersihan menjadi maksimal. Kesalahan dalam membersihkan bodi luar mobil sedikit saja dapat merusak cat atau pencucian menjadi tidak seperti yang kita harapkan.

Diperlukan cara-cara yang tepat dalam mencuci bodi luar mobil sehingga menjadi bersih yaitu :
  1. Tutup terlebih dahulu jendela dan pintu mobil anda dengan rapat
  2. Pastikan anda menyemprotkan air terlebih dahulu dari selang selama 15 detik, untuk membersihkan sisa-sisa klorin dan bahan kimia yang berpotensi untuk merusak cat
  3. Lalu dimulai dengan mencuci mobil yaitu menyemprotkan air dari selang ke bodi laur mobil untuk membersihkan debu lumpur, atau pasir yang melekat pada bodi luar mobil. Menyemprotkan itu penting, karena jika anda langsung menggosok bodi mobil maka debu lumpur, atau pasir tersebut dapat menggores cat.
  4. Beli pembersih khusus untuk mobil, jangan gunakan deterjen murahan karena dapat merusak cat mobil anda. Deterjen dan wax dapat juga digunakan untuk mencuci mobil. Wax akan membuat cat mobil lebih bersinar.
  5. Lalu gunakanlah spon yang bersih untuk mencuci mobil. Mencuci mobil dengan spon diawali dengan bagian atapnya.
  6. Anda harus menghindari mencuci mobil saat matahari langsung menyinari mobil. Karena tetesan air akan menjadi lensa bagi matahari untuk memfokuskan cahaya pada cat.
  7. Cuci bodi luar mobil anda sampai bersih, jangan biarkan sabun tertinggal pada cat sampai kering. Karena bahan kimia yang terkandung dalam sabun dapat merusak cat bodi luar mobil.
  8. Kemudian bodi luar mobil dikeringkan menggunakan lap khusus yang bersih dan tidak berbulu. Pastikan tidak ada minyak atau pasir yang melekat pada lap karena akan berpotensi untuk merusak cat.

No comments:

Post a Comment