Thursday 28 January 2016

Cara Membersihkan Plafon Mobil

Kebersihan interior mobil anda merupakan hal yang sangat penting, karena jika kotor dan bau akan mengurangi kenyamanan anda dalam berkendara. Bagian dalam mobil yang sering luput dari perhatian kita adalah plafon mobil. Padahal kebersihan plafon mobil haruslah terjaga. Apabila plafon kotor dan berdebu bisa menimbulkan resiko penyakit. Selain itu dengan membersihkan plafon mobil, mobil juga terlihat bersih dan nyaman untuk dikendarai.

Plafon mobil merupakan bagian dari interior mobil yang harus tetap dijaga kebersihannya, tak jarang kita menyentuh plafon mobil dengan tangan yang masih kotor atau tidak sengaja menggoresnya dengan kuku. Terlebih jika plafon mobil anda terbuat dari bahan yang sensitif, seperti bahan fabric berserat. Namun tidak boleh sembarangan dalam membersihkan plafon mobil, karena kalau salah akan menyebabkan plafon mobil anda menjadi kendur, sobek, bahkan bisa bolong. Plafon mobil sebaiknya dibersihkan secara teratur setiap sebulan sekali. Jika anda melihat terdapat kotoran pada plafond mobil anda, segeralah bersihkan agar kotoran tidak menempel terlalu lama sehingga sulit untuk dibersihkan.

Berikut langkah-langkah dalam membersihkan plafon mobil yaitu :
  1. Saat membersihkan plafon mobil anda, gunakanlah lap kain berserat halus (microfiber).
  2. Lap kain tersebut dibasahi dengan air tetapi jangan terlalu basah kemudian anda peras kainnya hingga air tidak menetes dari kain. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar plafon tidak basah dan lembab. Plafon yang basah akan lebih mudah rusak. Selain itu bakteri dan kuman dapat berkembang dengan lebih cepat pada kondisi lembab sehingga menyebabkan bau yang tidak enak dalam mobil dan juga berbahaya bagi kesehatan anda.
  3. Usapkan lap kain tersebut pada plafon mobil anda pelan-pelan agar bahan plafon mobil anda tidak rusak atau sobek.
  4. Jika plafon mobil anda terkena noda membandel dan tidak dapat dibersihkan dengan air. Anda dapat menggunakan cairan pembersih khusus. Cukup anda semprotkan pada lap kain tersebut dengan catatan jangan semprot langsung ke plafon mobil (agar serat halus pada plafon tidak mudah rusak) lalu usapkan ke plafon mobil anda. Noda pun akan cepat hilang.
  5. Saat mengelap plafon, lakukanlah gerakan searah. Jangan mengelap secara bolak-balik atau dengan gerakan memutar karena dapat menggores dan merusak serat halus pada plafon. Lakukanlah pengelapan dengan hati-hati dan jangan terlalu keras karena dapat merusak plafon.
  6. Jika plafon mobil anda jenis fabric berserat harus lebih ekstra hati-hati ketika membersihkannya karena serat pada plafon akan rontok jika anda menggosok terlalu kuat. Anda dapat menyelaraskan serat plafon anda dengan mengusapnya secara searah (ikuti arah serat plafon) agar serat pada plafon anda terlihat rapi dan tidak mudah rontok. Usahakan tidak menggunakan sikat untuk membersihkan plafon jenis ini karena sela-sela dari bulu sikat akan membuat serat plafon anda tertarik dan mudah rontok. Hindari juga penggunakan vacum cleaner untuk membersihkan plafon mobil anda karena memiliki daya hisap yang tinggi sehingga membuat plafon menjadi cepat kendur.
  7. Jika terdapat noda membandel yang sulit sekali dibersihkan, jangan memaksa untuk membersihkannya atau menggunakan bahan kimia yang anda tidak mengetahui dengan baik cara kerjanya. Lebih baik anda membawa mobil anda ke ahlinya agar dapat dibersihkan dengan cara yang baik dan benar.




No comments:

Post a Comment