Tuesday 9 February 2016

Cara Membersihkan Jok Mobil

Jok mobil merupakan salah satu bagian dalam mobil yang paling penting diperhatikan. Tanpa jok, pengemudi maupun penumpang tidak dapat menikmati kenyamanan dalam berkendara. Jok mobil yang terawat dan nyaman, akan membuat nyaman ketika berkendara. Jok mobil seringkali terkena tumpahan berbagai cairan seperti minuman, makanan ataupun lainnya. Padahal  minuman seperti air susu ataupun minuman lainnya selain air putih yang tumpah dan merembes ke dalam jok mobil dapat menyebabkan bau yang tidak sedap pada mobil. Selain menimbulkan bau yang tidak sedap, tumpahan minuman dan makanan tertentu juga bisa menyebabkan timbulnya jamur yang bisa mengundang perhatian berbagai hewan yang tidak disukai masuk ke dalam mobil dan juga nodanya juga dapat membuat jok mobil anda jadi berwarna kusam.

Bahan yang digunakan untuk jok mobil sendiri bermacam-macam yaitu kain dan kulit. Oleh karena itu penanganannya berbeda tergantung bahan yang digunakan. Sebelum melakukan proses pembersihan jok mobil, sebaiknya disedot dulu debu-debu yang menempel dengan vacuum cleaner hingga bersih. 

Cara pembersihan jok mobil berbahan dasar kain adalah sebagai berikut :
  1. Isi ember dengan air hangat, lalu tuangkan sedikit deterjen.
  2. Rendam spons ke dalam ember. Kemudian, remas spons dan gosokkan pada seluruh bagian jok mobil. Jangan biarkan jok terlalu basah dan hindari penggunaan spons yang terlalu besar agar jok lebih cepat kering.
  3. Setelah jok mobil bersih, basahi handuk dengan air dingin. Gosok seluruh permukaan jok dengan handuk tersebut untuk menghilangkan residu deterjen.
Cara pembersihan jok mobil berbahan dasar kulit adalah sebagai berikut :
  1. Gunakan deterjen khusus untuk membersihkan jok kulit.
  2. Setelah jok diberi cairan deterjen, kemudian anda sikat dengan pelan menggunakan sikat yang berbulu halus  pada jok mobil sampai noda pada jok mobil hilang. Untuk noda pada jok mobil yang cukup membandel, harus anda ulangi beberapa kali sampai bersih
  3.  Setelah noda hilang, keringkan bagian jok yang basah tersebut dengan memakai penyedot debu.
  4. Oleskan cairan atau kondisioner khusus untuk merawat jok berbahan kulit



No comments:

Post a Comment